Rabu, 10 April 2013



Hai sobat blogger semua………..
Kalian tau gak sih kalo ada BEDUG terbesar di Dunia??tau gak asalnya darimana??
Yang jelas Indonesia punya bedug terbesar di dunia, amazing beud dah,,,,,,bedug itu berasal dari jawa tengah tepatnya di kota kelahiran ane, yup Purworejo, dari sanalah bedug itu berasal,Yuk simak historinya………
Bedug Pendowo/bedug Kyai Bagelen dibuat pada jaman pemerintahan Bupati Purworejo 1, yaitu Raden Cokronegoro 1. Pembuatannya dihubungkan dengan sejarah berdirinya Masjid Agung Darul Muttaqin di atas tanah wakaf seluas ±70×80m² ditambah gandok ukuran ±10×21m².
Menurut sejarah, usai perang Diponegoro(1825-1830), pemerintah Hindia-Belanda mengangkat pemimpin dari kalangan pribumi untuk memerintah tanah Bagelen(purworejo sekarang). Yang menjadi bupati saat itu adalah Kanjeng Raden Tumenggung Cokronegoro 1 dan jabatan patih dipercayakan kepada Raden Cokrojoyo.
Pada jaman Bupati Cokronegoro 1, masjid mulai dibangun. Berdasarkan tulisan di prasasti yang ditempel di atas pintu utama, pembangunannya tahun 1762/1834M. Setelah pembangunan selesai, bupati Cokronegoro 1 memiliki gagasan untuk melengkapinya dengan sebuah bedug yang harus dibuat istimewa. Adik bupati, Mas Tumenggung Prawironegoro Wedana Bragolan menyarankan agar bahan bedug berasal dari bongkot(pangkal) pohon jati yang usianya ratusan tahun dan mempunyai cabang 5 yang berasal dari dusun Pendowo, kecamatan Purwodadi.
Dalam ilmu kejawen, pohon jati besar bercabang 5 yang disebut pendowo mengandung sifat perkasa dan wibawa. Pembuatannya selesai bersamaan dengan pembuatan masjid tahun 1834M. Lulang yang digunakan untuk menutup bedug terbuat dari kulit banteng, akan tetapi setelah 102 tahun(3 mei 1936) kulit bedug bagian belakang rusak sehingga diganti dengan kulit sapi ongale(benggala) dan sapi pemacekyang berasal dari desa Winong kecamatan Kemiri.
Bedug tersebut saat ini hanya di tabuh saat menjelang idul Fitri dan idul Adha atau saat acara-acara keagamaan islam dan memperingati detik-detik proklamasi untuk memberi tanda dan penghormatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 wafafajarmaftuhah. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.